5 Cara Mengajari Belajar Membaca Untuk Anak TK yang Efektif dan Menyenangkan

 

 

Sebagai orang tua tentunya anda harus memberi perhatian mendalam seputar tumbuh kembang si kecil. Apalagi andai anak telah mulai menginjak usia sekolah di taman kanak-kanak. Belajar menyimak adalahsesuatu yang wajib dilaksanakan anak untuk mengasah kemampuan mereka.

Tapi masalahnya, anak umur balita terkadang bakal merasa kendala untuk belajar Gerakan Membaca. Mereka perlu metode khusus supaya membaca menjadi sesuatu yang unik dan menyenangkan. Untuk, orang tua juga harus menggunakan teknik yang senyaman mungkin supaya anak tidak bakal merasa jenuh untuk belajar membaca.

Memang urusan itu tidak gampang untuk dilakukan. Di sini orang tua mesti mengetahui sifat dan karakter sang anak agar tahu cara apa yang tepat guna mengajari membaca untuk si kecil supaya lebih optimal. Tentunya ini juga diperlukan tahapan yang lama hingga akhirnya ia lancar.

Nah, buat semua orang tua yang bingung barangkali metode berikut dapat jadi pilihan guna mengajari anak membaca. Yuk ayo kita simak ulasannya inilah ini.

Kenalkan huruf dengan teknik yang seru dan menyenangkan.

Cara belajar menyimak yang kesatu ini mungkin dapat dikatakan lumayan efektif. Coba mulai ajarkan anak guna mengenali huruf-huruf A-Z. Buatlah mereka mengenali huruf dasar ini dapat dengan memakai kartu gambar huruf yang lucu supaya mereka dapat mengingat format huruf dengan baik.

Ingat, dalam mengajari anak belajar menyimak tidak perlu dilaksanakan dengan buru-buru. Mulailah dengan sedikit-sedikit kenalkan huruf, contohnya 5 huruf dalam sehari. Sesekali juga dapat memberikan tes format huruf untuk anak supaya mereka dapat lebih cepat mengingatnya. Di samping itu, cari lah masa-masa yang pas supaya si anak tidak cepat merasa bosan.

Ajarkan anak guna menghafal suku kata

Cara yang kedua ini adalahtingkatan selanjutnya dalam belajar membaca untuk sang anak. Setelah menguasai dan mengingat format huruf dengan sempurna, mulailah ajari anak guna mengenal suku kata. Biarkan anak menghafal suku kata dari konsonan B sampai Z, yang dibuntuti huruf vokal a,i,u,e,o.

Contoh : ba, bi, bu, be, bo hingga ka, ki, ku, ke, ko. Biarkan anak menghafalnya sampai-sampai akan dapat terbiasa nantinya.

Walaupun si anak nantinya sudah dapat menghafal konsonan suku kata ini, ia belum dikatakan sukses jika belum dapat membacanya.

Mulai ajari anak untuk menyimak suku kata yang bervariasi
Setelah menguasai suku kata, etape selanjutnya ialah mengajari anak untuk menyimak suku kata yang bervariasi. Para orang tua dapat mencari sejumlah kata yang gampang dengan variasi suku kata supaya anak lebih gampang untuk memahaminya.

Mulailah dengan ajarkan benda-benda di sekitar, laksana bo-la, bu-ku, ka-ki, bu-ka, pa-pi, ma-mi dan yang lainnya lagi. Pada etape ini tidak boleh dulu memperkenalkan anak dengan suku kata yang berakhiran huruf mati.

Leave a Comment